Headlines News :

Penguat Sinyal Modem Smartfren

on Saturday, November 3, 2012 | 12:02 PM

Penguat Sinyal Modem Smartfren. Lokasi menentukan prestasi, itulah kata yang sering saya dengar ketika seseorang berkomentar tentang modem dari smartfren. Maksud dari kata tersebut yaitu Lokasi terbaik akan mendapatkan koneksi terbaik pula. Lokasi terbaik adalah dimana modem mendapatkan signal full strength / signal penuh tanpa kurang sedikitpun. Lalu bagaimana kalo ditempat kita hanya mendapatkan sinyal 1 bar / 2 bar. Jalan satu satunya adalah dengan menambah perangkat agar modem kita mendapatkan signal penuh. Ada beberapa cara untuk memperkuat signal modem smartfren connect yaitu :

Penguat Sinyal Modem

1. USB Extender (Perpanjangan kabel USB)
Mulai dari alat yang paling sederhana yaitu USB Extender atau perpanjangan kabel USB. Dilihat dari namanya berarti fungsi alat ini adalah untuk menyambung modem. USB extender ini sendiri bisa mencapai panjang hingga 10 meter. Ini adalah cara yang mudah untuk menambah sinyal modem anda. Mungkin ada yang berpendapat bahwa USB extender ini tidak begitu banyak membantu untuk menambah sinyal.
Tapi saya pernah mengalaminya sendiri di daerah pedalaman yang sangat sulit sinyal. Ini saya alami waktu di Kalimantan. Bahkan beda tempat 1 meter saja sudah beda sinyal yang didapat. Misal jika modem ditaruh di lantai sinyal yang didapat hanya 1 bar, kemudian jika ditaruh di atas kasur sinyal yang didapat bisa 3 bar.Dengan USB extender ini akan mempermudah kita untuk meletakkan modem di tempat yang banyak sinyal tanpa harus memindah laptop atau komputer.
2. Antena Eksternal Outdoor
Antena eksternal outdoor yaitu antena eksternal yang diletakkan di luar rumah, misal antena Yagi, wajan bolic, dan lain-lain. Antena eksternal outdoor sifatnya permanen, artinya hanya bisa digunakan di satu tempat saja dan tidak bisa dibawa kemana-mana. Kenapa? Karena ukuran antena ini yang terlalu besar yang tidak memungkinkan anda untuk membawanya ke mana-mana.
3. Antena eksternal indoor (portable)
Ada antena eksternal outdoor berarti ada antena eksternal indoor atau biasa disebut antena portable. Antena ini memiliki bentuk fisik relatif kecil dan sederhana sehingga memungkinkan bagi anda untuk membawanya ke mana-mana bersama 1 paket dengan modem anda. 
Akan tetapi penangkapan sinyal antena ini masih kalah dengan antena outdoor karena diletakkan hanya sebatas di dalam ruangan. Bagi anda yang tidak ingin ribet memasang antena ekternal di atas atap maka antena portable ini adalah solusi bagi anda yang kesulitan mendapatkan sinyal modem yang bagus.
4. Antena Booster (Internal Signal Booster)
Antena booster ini pengaruhnya sangat besar terhadap modem, sudah saya buktikan sendiri dengan uji coba dan terbukti bisa menambah sinyal yang didapatkan modem. Beberapa modem mungkin sudah tertanam internal signal booster, seperti pada modem Smartfren EC1261-2. Tapi banyak juga modem yang tidak memiliki internal signal booster.

Antena booster ini juga bisa digunakan untuk semua perangkat internet wireless termasuk untuk handphone juga. Penggunaannya pun sangat mudah, cukup ditempelkan pada perangkat modem atau handphone.
Share this post :
 
Copyright © 2011. Berita Terbaru . All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger